Cara Supaya Tak Ada Kecurangan Ujian Nasional | ..::WorSKAholic..::

You are here:
Home » Pendidikan » Cara Supaya Tak Ada Kecurangan Ujian Nasional

Cara Supaya Tak Ada Kecurangan Ujian Nasional

 

145325_475

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mencegah kecurangan, termasuk kebocoran soal ujian nasional dengan berbagai cara. Pertama, menyatukan lembar jawaban ujian (LJU).

“Ini untuk mencegah kecurangan siswa yang bertukar lembar jawaban,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Mendiknas, Khairil Anwar Notodiputro, saat Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Bojongsari, Depok, Selasa, 12 Februari 2013.

Berikutnya terkait dengan pendistribusian lembar jawaban. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, lembar jawaban disimpan di sekolah yang merupakan pusat rayon. “Tempat menyimpan soal diamankan oleh polisi dan aparat lainnya,” kata dia.

Kemudian, saat soal didistribusikan ke sekolah-sekolah, polisi juga ikut mengawal. “Pengamanan seperti ini sah-sah saja. Bagaimanapun juga, ujian nasional adalah suatu kegiatan kenegaraan,” ucap Taufik.

Dia mengatakan, pada saat ujian, polisi dan aparat keamanan hanya akan bertugas di luar lingkungan sekolah. “Pengamanan saat ujian hanya dilakukan oleh penyelenggara,” ujarnya.

Adapun terdapat sejumlah sanksi yang ditetapkan, baik bagi peserta maupun pengawas. Anggota Badan Standardisasi Nasional Pendidikan Indonesia (BSNPI), Teuku Ramli Zakaria, menyebutkan sejumlah pelanggaran berikut sanksinya.

“Siswa yang saling meminjamkan alat tulis dan tidak membawa kartu ujian tergolong pelanggaran ringan,” kata dia. Sanksi pelanggaran itu adalah teguran secara tertulis.

Berikutnya adalah pelanggaran kategori sedang, yaitu membuat kegaduhan dan membawa telepon genggam. “Sanksi pelanggaran ini adalah pembatalan ujian,” ucap Ramli.

Sedangkan pelanggaran kategori berat adalah membawa sontekan, kerja sama, menyontek, serta membawa kunci jawaban,” kata dia. Sanksi pelanggaran itu adalah dikeluarkan dari ruang kelas dan dinyatakan tidak lulus.

Ujian Nasional 2013 dijadwalkan dilaksanakan pada 15 April 2013 untuk tingkat sekolah menengah atas. Sedangkan sekolah menengah pertama pada 22 April 2013 dan sekolah dasar pada 29 April 2013.

Sumber : Tempo

     

Leave a Reply to this Post

Mar
28
2013
 
 
..::WorSKAholic..:: Search form
Recent Comments
  • track macros: Hi there! Thhis post could not be written anny better! Going through thiss artcle reminds me of my...
  • carb cycling: Wow, that’s what I was exploring for, what a data! present here at this weblog, thanks admin of...
  • 7 best supplements for mens: Attractive section of content. I just stumbled upon your web site and in accession...
  • broscience.com: Hello would youu mind letting me know which web host you’re working with? I’ve loadded...
  • BroScience.com: It’s realkly a cool and useful piece of information. I am satisfied that you simply shared tuis...
Family
Friends
Free counters!

PING  |  PING  |  PING