Daya Tarik Kampus Di Jepang | ..::WorSKAholic..::

You are here:
Home » Pendidikan » Daya Tarik Kampus Di Jepang

Daya Tarik Kampus Di Jepang

 

2148199baca-2780x390

Imamdermawan.web.id Konsep “kampus internasional” menjadi daya tarik Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Beppu, Jepang. Sebanyak 45 persen mahasiswa internasional di perguruan tinggi ini berasal dari 81 negara di dunia. Apa yang menjadi kelebihannya ketimbang kuliah di kampus-kampus ngetop di Tokyo, misalnya?

“Kalau mau dibandingkan dengan Tokyo, paling gampang soal biaya hidup. Biaya makan, misalnya, memang masih sama dengan Tokyo. Tapi untuk biaya tinggal, bisa berbeda 3 kali lipat dari Tokyo. Hidup di Beppu jauh lebih murah. Sebulan mahasiswa bisa mengeluarkan biaya Rp 8 juta per bulan, bahkan bisa di bawah itu,” ungkap Dahlan Nariman, Vice Dean of Admission-Associate Professor Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), di Kampus Ritsumeikan APU, Beppu, Jepang, Rabu (26/6/2013).

Kuliah tingkat pertama sebagai mahasiswa internasional di Ritsumeikan APU juga tidak dibebankan bisa berbahasa Jepang. Calon mahasiswa hanya dituntut bisa berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliahnya.

“Bahasa Jepang diajarkan ketika mereka sudah mulai kuliah. Nantinya mereka akan mengikuti kuliah dengan metode dual language, yaitu bahasa Inggris dan Jepang. Untuk keahlian bahasa Jepang, mahasiswa akan diarahkan mencapai tingkat bahasa Jepang untuk bisnis. Kunci suksesnya cuma satu, mereka harus terjun berorganisasi karena di situlah keahlian bahasa mereka terasah,” ujar Dahlan.

Keuntungan lain kuliah di sini adalah kemudahan mencari part time job atau kerja paruh waktu. Berbekal visa pelajar, seorang mahasiswa bisa dengan mudah mencari pekerjaan sambilan di Beppu.

“Kerja part time untuk mahasiswa di sini legal, yaitu 1 minggu 40 jam kerja. Yang penting punya visa pelajar dan mendaftar ke imigrasi, mahasiswa bisa menjadi pekerja sambilan yang sah,” kata Dahlan.

“Standar penghasilan dari bekerja sambilan di Beppu itu per jam 650-800 yen. Jadi, bisa berpenghasilan 40.000 yen per bulan dari kerja sambilan bukan hal sulit di sini,” tambah Dahlan.

Berdasarkan data terakhir pada Oktober 2012, jumlah pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Ritsumeikan APU sebanyak 184 mahasiswa, terdiri dari 156 tingkat sarjana (S-1) dan 28 mahasiswa di jenjang S-2. Dahlan mengklaim, dengan angka sebanyak itu dari Indonesia, tawaran kerja dari bermacam perusahaan internasional Jepang selalu membanjir.

“Lebih dari 95 persen mahasiswa internasional sukses di dunia kerja. Tahun lalu, 400 perusahaan internasional melakukan rekrutmen langsung melalui kampus,” ujarnya.

Sumber : Kompas

     

Leave a Reply to this Post

Jun
27
2013
 
 
..::WorSKAholic..:: Search form
Recent Comments
  • track macros: Hi there! Thhis post could not be written anny better! Going through thiss artcle reminds me of my...
  • carb cycling: Wow, that’s what I was exploring for, what a data! present here at this weblog, thanks admin of...
  • 7 best supplements for mens: Attractive section of content. I just stumbled upon your web site and in accession...
  • broscience.com: Hello would youu mind letting me know which web host you’re working with? I’ve loadded...
  • BroScience.com: It’s realkly a cool and useful piece of information. I am satisfied that you simply shared tuis...
Family
Friends
Free counters!

PING  |  PING  |  PING