Dampak Positif Dan Negatif Konvensi Capres Partai Demokrat | ..::WorSKAholic..::

You are here:
Home » Politik dan Hukum » Dampak Positif Dan Negatif Konvensi Capres Partai Demokrat

Dampak Positif Dan Negatif Konvensi Capres Partai Demokrat

 

175026_620

Pengamat Politik dari Universitas Gadjah Mada, Ari Dwipayana menilai konvensi kandidat presiden di Partai Demokrat bisa membawa nilai positif dan negatif buat partai berlambang Mercy tersebut. Salah satunya, konvensi bisa menguras logistik kandidat dan memunculkan money politik lebih awal.

Ari memaparkan setidaknya ada dua nilai positif. “Yang jelas, ini inovasi,” kata Ari pada Tempo lewat sambungan telepon, Senin, 8 April 2013. Proses nominasi presiden melalui konvensi ini dinilai lebih demokratis. “Bukan hanya pengurus, tapi pejabat partai juga bisa mencalonkan. Itu memungkinkan kompetisi melibatkan anggota partai,” ujar Ari.

Kedua, memingkinkan figur yang akan mencalonkan diri jadi presiden, berkompetisi secara terbuka di internal partai. “Jadi tidak menutup (seperti sebelumnya) ketua umum harus jadi presiden,” katanya.

Tapi sistem ini bisa jadi juga memiliki kelemahan. “Sistem ini bisa menguras energi yang besar dari kandidat. Sehingga pada saat bersamaan, kandidat sudah kehilangan energi untuk bersaing di pemilihan presiden yang sesungguhnya,” katanya. Selain itu, logistik kandidat juga terkuras.

Yang kedua, sistem konvensi ini bisa memunculkan pasar politik baru. “Bisa jadi model-modal transaksional berkembang dalam partai,” katanya. Konstituen bisa menjual dukungannya melalui proses konvensi. “Ada money politic lebih awal,” katanya. Untuk ini, Ari menyarankan untuk mempertegas aturan soal money politic tersebut.

Yang ketiga, Ari menilai, bisa saja konvensi ini ternyata hanya basa-basi Ketua Umum Partai Susilo Bambang Yudhoyono saja. “Basa-basi kandidat ini bisa dikehendaki hanya menjadi formalisme untuk mengangkat figur-figur yang sudah dikehendaki oleh SBY,” kata Ari.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan partainya belum memiliki calon presiden untuk diusung pada 2014. SBY mengatakan masih menggodok cara untuk menjaring calon. Salah satunya nanti, melalui konvensi Partai Demokrat.

Sumber : Tempo

     

Leave a Reply to this Post

Apr
9
2013
 
 
..::WorSKAholic..:: Search form
Recent Comments
  • GeoffreyZBrodes: Since the admin of this web page is working, no doubt very quickly it will be well-known, due to its...
  • DeangeloRVanlew: If you would like to increase your familiarity only keep visiting this web page and be updated with...
  • CarolinYCoomber: Simply desire to say your article is as astonishing. The clarity in your post is just great and i...
  • LuciusRBenston: What’s up, yes this piece of writing is in fact pleasant and I have learned lot of things from...
  • jual datacard sd260: untuk kebutuhan printer kartu, printer id card, dan cetak id card yang terbaik silahkan kunjungi...
Family
Friends
Free counters!

PING  |  PING  |  PING