Inggit Garnasih Memberi Nasehat Ke Soekarno | ..::WorSKAholic..::

You are here:
Home » Sejarah » Inggit Garnasih Memberi Nasehat Ke Soekarno

Inggit Garnasih Memberi Nasehat Ke Soekarno

 

nasihat-inggit-untuk-soekarno-kus-jangan-lupakan-rakyat

Terus Mencari Ilmu – Imamdermawan.web.id Setelah diceraikan Soekarno tahun 1943, Inggit Garnasih kembali ke Bandung. Inggit tak mau dipoligami, maka dia memilih dikembalikan ke Bandung. Inggit hidup sederhana dengan menjual kosmetik buatan sendiri.

Soekarno mengunjungi Inggit tahun 1960. Kala itu Inggit sudah berumur 72 tahun. Sementara Soekarno yang berumur 59 tahun sedang berada di puncak kekuasaannya setelah mengeluarkan dekrit presiden tahun 1959 dan membentuk sistem pemerintahan presidensial.

Inggit menatap Soekarno yang berdiri dengan jas kebesarannya. Wanita tua yang 20 tahun mendampingi Soekarno itu kemudian memegang bahu Soekarno. Dalam bahasa Sunda, Inggit menyampaikan nasihatnya. Sama seperti yang selalu dilakukannya dulu sejak berkenalan dengan Soekarno di Bandung tahun 1921. Inggit juga selalu memanggil Soekarno dengan Kusno, nama kecilnya.

“Kus, ini baju pemberian rakyat. Kus harus ingat dan harus bisa menjaganya. Jangan sampai melupakan mereka,” kata Inggit seperti ditulis Tito Zeni Asmara Hadi dalam pengantar buku Kuantar ke Gerbang karangan Ramadhan KH yang diterbitkan Bentang.

Inggit berumur panjang. Dia melihat Orde Lama tumbang dan digantikan Orde Baru. Soekarno yang dulu jaya, diasingkan Soeharto dalam Wisma Yasoo di Jl Gatot Soebroto, Jakarta. Jika Belanda mengasingkan Soekarno ke Flores dan Bengkulu, maka kini Soekarno dibuang oleh bangsanya sendiri.

Dalam kesendirian Soekarno meninggal tahun 21 Juni 1970. Inggit terisak sedih melihat cinta lamanya pergi mendahului dirinya.

“Kus, gening kus teh miheulaan, ku Inggit didoakeun…” artinya kira-kira “Kus, Ternyata Kus pergi lebih dulu. Inggit mendoakanmu..”

Kelak istri-istri Soekarno justru rajin mengunjungi Inggit di Bandung. Fatmawati, Hartini, hingga Ratna Dewi. Semuanya menghormati sosok wanita tua yang luar biasa ini.

Inggit meninggal tanggal 13 April 1984 dan dimakamkan di Pemakaman Babakan Ciparay Bandung. Saat meninggal usia Inggit 96 tahun.

Tugasnya menemani Soekarno dan baktinya untuk negaranya selesai hari itu. Di tengah kerimbunan pohon dan sejuknya Bandung, si geulis ini beristirahat selamanya.

Sumber : Merdeka

     

Leave a Reply to this Post

Jun
15
2013
 
 
..::WorSKAholic..:: Search form
Recent Comments
  • track macros: Hi there! Thhis post could not be written anny better! Going through thiss artcle reminds me of my...
  • carb cycling: Wow, that’s what I was exploring for, what a data! present here at this weblog, thanks admin of...
  • 7 best supplements for mens: Attractive section of content. I just stumbled upon your web site and in accession...
  • broscience.com: Hello would youu mind letting me know which web host you’re working with? I’ve loadded...
  • BroScience.com: It’s realkly a cool and useful piece of information. I am satisfied that you simply shared tuis...
Family
Friends
Free counters!

PING  |  PING  |  PING